OSN PTI, Kapan PT Indonesia Timur juara??

Untuk kali ketiganya, Olimpiade Sains Nasional (OSN) Perguruan Tinggi Indonesia (PTI) kembali akan digelar. Namun dikeluhkan, tiap kali menyelenggarakan, selalu yang tampil sebagai juara perguruan tinggi yang Indonesia bagian barat. PT yang ada di kawasan timur Indonesia tidak pernah dapat memegang tropi juara.

“Yang muncul sebagai pemenang itu dari Universitas Indonesia (UI), Uiversitas Gadjah Mada (UGM), Istitut Teknologi Surabaya (ITS). Kita padahal tiap tahun mengirimkan wakil, tapi tidak pernah tembus,” keluh Rektor Universitas Mataram (Unram), Prof. Ir. Sunarpi, PhD.

Kepada wartawan, seusai mengikuti teleconference dengan pejabat di lingkup Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) dan belasan PT di Indonesia di 33 provinsi, Kamis (2/9) kemarin, Sunarpi mengaku wajar kalau kalah dengan keadaan fasilitas yang jauh dari PT yang di barat.

Dikatakan, persoalan fasilitas dan sarana pendukung meningkatkan sains di perguruan tinggi kawasan timur, termasuk Unram masih sangat terbatas. “Kalau di Unram, tidak saja fasilitas namun juga ruang kuliah khusus MIPA kurang,” keluh Sunarpi yang juga telah disampaikan langsung kepada Dirjen Dikti, Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso dalam kesempatan teleconference itu.

Sunarpi mengusulkan ada perhatian pada MIPA Unram. Pembinaan hendaknya fokus juga pada universitas terbelakang. “Jangan hanya bina yang sudah maju,” sindirnya.

Lebih jauh soal OSN PTI 2010 yang segera digelar mulai Oktober mendatang ini, Unram sudah menerima pendaftaran 94 orang. Jumlah ini masih jauh dibandingkan peserta tahun 2009, sebanyak 340 orang. “Alhamdulillah tiap tahun kita ikut,” sebutnya.

Waktu pendaftaran yang masih tersisa hingga 27 September mendatang diharapkan Sunarpi  dapat menambah jumlah peserta yang akan ikut. Tidak saja mahasiswa Fakultas MIPA, namun juga mahasiswa lain yang memiliki kemampuan serta dari perguruan tinggi lain di NTB.

Sunarpi berharap, dengan OSN PTI yang merupakan bentuk kepedulian Pertamina terhadap dunia pendidikan ini dapat mencetak peta sains di Indonesia. Target Unram bisa mewakili NTB.

Adanya peta sains ini akanbisa diketahui kemampuan masing-masing dalam pengembangan teknologi. Untuk mahasiswa asal NTB, kansnya bida bidang kelautan. Kimia kelautan, fisika kelautan, biologi kelautan. “NTB ini unggul dibidang MIPA Sains Kelautan,” terangnya. (rus/SuaraNTB)

sumber: [Sasak.Org]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s