Kemeriahan Piala Dunia 2010 dengan Maskot ZAKUMI

Kemeriahannya diawali dengan theme song yang sangat membuat penonton, dan pemain sepak bola menjadi bersema ngat bila mendengar lagu ini, ya lagu itu adalah Waka Waka ( This time for Africa ) yang dinyanyikan oleh Shakira bersama band asal Afsel, Freshlyground, sangat kental dengan warna musik Afrika dengan alunan gitar tradisional Afsel dipadu dengan irama musik Afro-Kolombia dan beat Soca (musik asli Trinidad & Tobago) yang menggambarkan spirit sportivitas para pemain dan pendukung bola.

Pemilihan Waka-waka sebagai lagu resmi Piala Dunia 2010 direspon positif karena lagu ini mampu merepresentasikan semangat rakyat Afrika dalam gelaran turnamen ini.

Waka-waka yang berarti waktu buat Afrika mengambil inspirasi dari musik Kamerun, mencerminkan seluruh  aktivitas penggemar sepakbola selama berlangsungnya Piala Dunia di Afsel dengan mendiskripsikan, kehidupan, kekuatan, dan dinamisme.

Dengan kata lain, Waka-waka merepresentasikan festival sepak bola akbar yang dihelat selama empat pekan dengan menghadirkan kekuatan sepak bola dunia. Waka-waka berirama cepat, khas Shakira. Iramanya riang namun sedikit kurang menghentak. Hal ini nampaknya membuat Shakira harus bekerja keras untuk mengalahkan popularitas lagu resmi Piala Dunia 1998, “La Copa de la Vida’, yang dinyanyikan oleh Ricky Martin.

Waka-waka nantinya akan dimasukkan ke dalam album resmi Piala Dunia 2010 yang bertitel “Listen Up: The Offical 2010 FIFA World Cup” di bawah payung Sony Music. Hasil penjualan album ini akan didonasikan kepada lembaga amal “20 Centres for 2010 Campaign”, meliputi bantuan dibidang pendidikan dan pelayanan kesehatan dan pelatihan sepak bola.

MASKOT Piala Dunia 2010

Maskot Piala Dunia 2010 ini tidak kalah special dan uniknya dengan mascot-maskot Piala Dunia Lainnya.

Di Afsel kali ini maskotnya dinamakan ZAKUMI,yaitu seekor macan tutul berwarna kuning dengan rambut “nyentrik” berwarna hijau, mengenakan kaus bertuliskan “South Africa 2010”, dan bercelana pendek berwarna hijau dengan memegang sebuah bola. Zakumi lahir pada 16 Juni 1994, bertepatan dengan Hari Pemuda di Afsel. Nama Zakumi berasal dari kata “za”, merupakan kode dua huruf untuk Afsel dan “kumi” sebuah kata yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika. Zakumi didesain secara eksklusif di Afsel karena akan menjadi bagian dari sejarah Piala Dunia, sebagai negara Afrika pertama menjadi tuan rumah.

Zakumi ini merepresentasikan rakyat, geografi, dan semangat Afsel yang  mempersonifikasikan Piala Dunia 2010. Zakumi di desain  Andries Odendaal dari Kota Cape Town. Rambut hijau pada maskot tersebut merepresentasikan rumput lapangan sepakbola.

Zakumi diharapkan akan membantu membawa Piala Dunia 2010 di Afsel lebih besar, menyenangkan, dan tidak terlupakan bagi pecandu bola dunia. Dimana, ribuan orang  akan datang dan bisa bersenang-senang dan merasakan kehangatan Benua Afrika selama berlangsung Piala Dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s