Taukah anda Bahwa seribu lebih Orang meninggal per HARI karena Rokok

Anggota Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, sedikitnya 1.172 orang meninggal per hari di Indonesia karena rokok.

“Jumlah perokok di Indonesia nomor tiga di dunia atau dengan jumlah 60 juta perokok saat ini,” kata dia kepada VIVAnews di sela-sela acara peringatan hari tanpa tembakau sedunia di Monas, Jakarta, Minggu 31 Mei 2009.

Data ini disurvei oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2006-2007. Artinya, sekitar 427 ribu orang meninggal setiap tahun di Indonesia karena rokok. Tulus mengatakan, mereka yang meninggal umumnya karena penyakit yang ditimbulkan rokok seperti paru dan jantung koroner.

Besarnya tingkat kematian ini, kata dia, karena tingkat produksi rokok di Indonesia terus meningkat. Hal ini menyusul permintaan yang tinggi dari konsumen. Menurut Tulus, pertumbuhan permintaan rokok konsumen Indonesia yang tertinggi di dunia. Setiap tahun pertumbuhan ini mencapai 14,5 persen.

“Produksi industri rokok pada 2006 mencapai 266 miliar batang atau rata-rata sekitar 11 batang selalu dikonsumsi oleh perokok setiap hari,” kata dia. Tingginya pertumbuhan ini dituding karena tidak adanya pelarangan iklan rokok ditelevisi.

“Ini racun, tidak logis kalau boleh diiklankan, karena didunia ini tidak lagi ada negara yang boleh mengiklankan rokok lagi,” kata dia.

Indonesia dan Zimbabwe hanya satu-satunya negara terakhir yang boleh mengiklankan. Padahal dengan iklan artinya mendorong konsumsi rokok untuk terus meningkat.

Anehnya lagi, dia mengatakan, pemerintah juga belum meratifikasi FCTC yang dibuat sejak tahun 1999 dah disahkan WHO pada 2003. Sudah 164 negara yang ratfikasi, tapi Indonesia samai sekarang belum.

“Alasannya tidak jelas karena akan mematikan industri rokok, tapi itu hanya mitos karena di negara maju pun pemerintah dan pejabatnya sudah membatasi penggunaan rokok ini,” kata dia.

• sumber:  VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s