Intan Buatan-Bisa abadi juga to gak ya?

“Intan adalah abadi” demikianlah intan dinilai sebagai batu berharga yang paling mulia. Intan tidak semata-mata sangat istimewa dipandang sebagai perhiasan yang amat berkilauan, namun adalah karakteristik intan yang luar biasa keras, mampu merambatkan panas lima kali lebih baik dibanding tembaga, dan memiliki sifat tranparansi seperti halnya sinar-x dan sinar laser. Intan memiliki sifat-sifat yang alami yang membuatnya seolah tak tergantikan dalam penggunaannya secara teknis dalam berbagai aplikasi.

Namun intan asli berharga sangat mahal selain bentuknya yang umumnya terlalu kecil, bahkan sedemikian banyak riset telah diadakan guna membuat intan buatan. Para peneliti di Fraunhofer Institute of for Applied Solid State Physics IAF di Freiburg, dengan menggunakan dasar prinsip-prinsip reaktor baru saat ini telah berhasil membuat intan buatan berbentuk cakram berdiameter 5 s/d 15 centimeters dan ketebalan sampai 3 milimeter. Profesor Christoph Wild dan DR. Michael Funer untuk itu telah diberi penghargaan Fraunhofer Prize tahun yang lalu atas prestasinya.

Prinsip kerja adalah sebagai berikut. Pertama, mikrowave menghasilkan plasma methane hidrogen dalam reaktor. Dengan jalan Chemical Vapor Deposition (CVD) kristal intan dibentuk berupa subtraksi serupa wafer silikon. “Maksud kami awalnya yakni untuk membuat intan pelapis guna penerapan tertentu. Namun, dengan reaktor sediakala, kami segera mencapai hasil limit dari apa yang dapat kami capai.” Ujar Profesor DR. Peter Koidl dari IAF. Dengan bantuan simulasi Finite Element Methode (FEM), Profesor Koidl dan team kerjanya menetapkan bentuk geometri terbaik untuk suatu reaktor yang dapat menghasilkan intan buatan berbentuk cakram besar.

” Sasaran kami yakni untuk membuat plasma dapat tetap stabil dalam bentuk dalam jangka perioda waktu yang cukup lama”, Koidl selanjutnya melaporkan, ” Hanya dengan begitulah maka kami dapat memastikan bahwa lapisan-lapisan kristal intan dapat terus menerus untuk terbentuk pada substraksi tersebut. Simulasi tersebut menuntun kita untuk mengembangkan lebih lanjut reaksi pembuatan intan elips berbentuk telur”.

Perusahaan Aixtron yang berpusat di Aachen sekarang membuat reaktor CVD dibawah lisensi dan memasarkannya ke seluruh dunia dalam bentuk dua jenis produk. Cakram intan yang dihasilkan alat dengan metode baru itu tidak hanya lebih besar bentuknya, melainkan juga lebih murah. “Intan buatan yang bisa dipesan” ini dengan demikian sangat cocok untuk beragam aplikasi baru, contohnya sebagai lapisan kisi celah bukaan jendela yang luar biasa kokoh dalam peralatan generator laser dan mikrowave, sebagai bahan dasar untuk komponen elektronik, atau sebagai elemen pendingin untuk pemakaian dalam sistem peralatan elektronik tegangan tinggi atau optoelektronika.

Sumber: a9oesz_sampah@yahoo.co.id-from chem-is-try.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s