Langkah-Langkah Biar gak DepResi

Bagi anda yang Lagi depresi ato stres karena masalah apapun,coba terapkan sepuluh langkah berikut dalam kehidupan sehari-hari, niscaya akan membantu Anda keluar dari “lumpur” depresi menuju kesehatan mental yang lebih baik.
Ne beberapa tipsnya:


1. Pijat

Pijat aromaterapi tidak hanya mengurangi tekanan mental, tapi minyak yang digunakan dapat membantu menyembuhkan depresi. Pemijat yang baik akan menanyakan terlebih dahulu apa yang Anda inginkan untuk menyesuaikan dengan aroma yang digunakan.

Jika Anda tak sempat ke klinik pijat, cobalah untuk mencampurkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air mandi Anda, semisal minyak Ylang ylang yang berasal dari pohon tropis dapat mengurangi perasaan tertekan dan stres, aroma melati meningkatkan mood dan terkenal meredakan kekhawatiran, aroma mawar sangat menenangkan dan bekerja sebagai anti depresi yang dapat mengurangi sakit kepala dan bagus untuk sirkulasi.

2. Bercinta

Efek sampingan dari depresi adalah menurunnya minat seks, tapi semakin intim dengan pasangan akan membawa manfaat lebih. Psikolog telah membuktikan bahwa dengan bercinta secara rutin mampu mendongkrak daya tahan tubuh.

Selain itu juga mengurangi stres, dan sejumlah studi ilmiah menunjukkan bercinta akan menurunkan kekhawatiran, meningkatkan relaksasi dan membantu mempercepat tidur.

Jika bercinta masih menjadi usaha yang terlalu berat, maka hanya dengan pelukan hangat pada seseorang yang Anda sayangi akan meningkatkan mood dan tingkat serotonin “bahagia” Anda.

3. Luangkan Waktu dengan Teman dan Keluarga

Meluangkan waktu dengan orang yang Anda sayangi dan menyayangi Anda. Tidak perlu membicarakan tentang apa yang terjadi padamu, tapi sekedar sosialisasi dan berada di sekeliling orang-orang tersebut akan memberikan perasaan nyaman. Selingi dengan canda dan tawa ketika sedang bersantai bersama teman. Tertawa secara ilmiah terbukti mengurangi gejala stres dan meningkatkan hormon kenyamanan dalam tubuh.

4. Makan Teratur

Bukannya menyarankan untuk makan masakan sehat, tapi dengan memakan masakan yang keliru akan menimbulkan mood yang keliru.

Anda harus menghindari makanan dengan terlalu banyak gula dan kafein; keduanya mungkin memberikan energi lebih, tapi kemudian menimbulkan perasaan khawatir dan tekanan mental karena menekan kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa makanan yang dapat mengangkat mood, di antaranya alpukat, buah kiwi, pisang, dan cabe,

5. Minum Air Putih

Kekurangan cairan tubuh akan membawa efek negatif, di antaranya cepat lelah. Dehidrasi juga menghentikan perasaan lapar karena akan menyebabkan kegemukan. Orang yang cepat lelah dan mengalami kelebihan berat badan akan terjangkit depresi.

Idealnya, Anda harus meminum dua liter air atau sekitar delapan gelas per hari. Jika Anda bosan dengan air putih dapat menggantinya dengan segelas teh hijau yang mengandung antioksidan tinggi dan tidak mengandung kafein seperti dalam the biasanya.

6. Menulis Diary

Cobalah untuk menata diri Anda dengan target-target kecil setiap hari atau setiap minggu dan tuliskan ketika Anda berhasil mencapainya. Anda juga bisa menuliskan jurnal “terima kasih” setiap harinya dan tuliskan lima alasan mengapa Anda sangat berterimakasih.

7. Olahraga Kecil

Penelitian menunjukkan meski sekecil apapun aktivitas, bisa 10 atau 15 menit, dapat meningkatkan mood seseorang. Olahraga kecil seperti berjalan, jogging, renang, atau bahkan dansa, juga dapat membantu relaksasi otot, mengurangi kadar stres dan membantu tidur lebih baik.

8. Nikmati Suasana Luar

Penelitian juga menunjukkan selama musim dingin, sebanyak 90 persen orang dewasa Inggris tidak mendapatkan vitamin D yang cukup. Namun meskipun musim dingin tidak mendapatkan intensitas cahaya matahari sebaik musim panas, cobalah setidaknya 10 atau 15 menit untuk berjalan keluar.

9. Minum Suplemen

Mendapatkan vitamin dan mineral penting dalam tubuh akan banyak membantu. Misalnya, suplemen minyak ikan cod tidak hanya menambah vitamin D tapi juga membantu sistem daya tahan tubuh. Atau vitamin B juga penting untuk kesehatan mental dimana vitamin B6 diperlukan untuk menghasilkan serotonin, penghasil perasaan bahagia, melatonin, membantu tidur nyenyak, dan dopamine yang vital untuk mengurangi kegelisahan.

10. Bangun Percaya Diri

Kurangnya menghargai diri sendiri akan memberikan kontribusi pada depresi, jadi bangunlah kepercayaan diri Anda.

•sumber: VIVAnews.com

2 responses to “Langkah-Langkah Biar gak DepResi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s