Ini dia Buah dan Sayuran pencegah Kanker

Sebelum mengonsumsi makanan atau minuman yang mendukung program kesehatan Anda, ada baiknya mengetahui lebih dulu kandungan dari makanan dan minuman tersebut.

Sebelumnya, ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan untuk menjadi manusia sehat, seperti dilansir Good To Know, Sabtu 25 April 2009.

1. Makan sedikitnya lima porsi buah-buahan dan sayuran setiap harinya.
2. Jangan lupa mengonsumsi makanan berserat.
3. Bagi yang gemuk, berdietlah.
4. Kurangi konsumsi garam dan gula berlebihan.

Sementara itu, dokter Servan-Schreiber menyarankan sejumlah buah dan sayuran yang sebaiknya dikonsumsi secara cukup untuk menghindari penyakit kanker. Buah dan sayuran tersebut adalah:

* Terong Ungu
Dikenal juga dengan aubergines, sayuran yang mengandung terpenes ini dapat mengurangi potensi manusia terkena tumor.

*Brokoli
Sama halnya dengan kubis, sayur hijau, tauge, brokoli memiliki zat kuat yang menolak molekul-molekul penyebab kanker atau antikanker. Bahkan sebuah studi membuktikan bahwa brokoli dapat menolong manusia terserang kanker prostat.

* Cokelat
Cokelat di sini bukanlah produk makanan yang mengandung kadar gula berlebih. Yang dimaksud adalah buah cokelat gelap dengan kadar cocoa yang tinggi, sekurang-kurangnya 70 persen.

Dengan demikian, buah akan kaya dengan antioksidan dan polyphenols, unsur yang memperlambat tumbuhnya sel kanker.

* Garlic
Telah terpercaya sejak puluhan tahun lalu, garlic terbukti mampu mencegah manusia dari serangan kanker anus, payudara, paru-paru, ginjal, dan prostat.

* Minyak Ikan
Seperti yang diolah dari ikan tawar, ikan sarden, dan ikan haring, memiliki konten Omega 3 yang tingi, sehingga mampu menurunkan pertumbuhan tumor secara drastis.

* Jeruk
Jeruk, lemon, dan limau (lime), diketahui mengandung flavonoid yang dapat menghentikan peradangan. Di samping itu, jeruk atau sejenisnya juga dapat membantu manusia terhindar dari serangan kanker otak, karena kandungannya mampu mematikan sel-sel kanker tersebut.

* Tomat

Tomat atau sering ditemui dalam wujud saus tomat, mengandung zat yang disebut lycopene, sehingga dapat melindungi dari kanker prostat. Bila diselingi dengan wortel dan aprikot, tomat mengandung carotenoid yang tinggi. Zat ini mampu mencegah Anda terkena tumor otak.

•sumber: VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s