Gol Spektakuler, Bawa MU lolos ke Semifinal Liga Champion

Sebuah gol spektakuler dari Cristiano Ronaldo mengantar Manchester United mengalahkan FC Porto 1-0 (1-0) di Estadio do Dragao, Rabu (15/4) atau Kamis dinihari WIB. Gol cepat CR7 itu membuat The Red Devils melaju ke babak semifinal Liga Champions.

Keberhasilan MU menapaki peluang mencetak sejarah untuk mempertahankan trofi Liga Champions juga tidak terlepas dari solidnya lini pertahanan MU yang kembali diperkuat partner Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic. Untuk melaju ke semifinal MU akan berhadapan dengan sesama klub Inggris, Arsenal yang di laga satunya berhasil menjungkalkan Villarreal dengan skor agregat 4-1.

Membutuhkan gol tandang, MU keluar menyerang begitu kick-off babak pertama. Sir Alex Ferguson menerapkan formasi yang tak lazim, walau bukan yang pertama kali. Ronaldo ditempatkan sebagai ujung tombak, yang disokong Dimitar Berbatov dan Wayne Rooney.

Di lini tengah Anderson yang notabene mantan pemain Porto, bahu-membahu bersama Michael Carrick di lini tengah. Sementara Jesualdo Ferreira yang tidak diperkenankan menemani anak didiknya di bench, menurunkan formasi sama seperti pertemuan pertama.

Edwin van der Sar lebih dulu diganggu oleh tendangan bebas Hulk, namun MU unggul cepat. Masuk menit keenam, Ronaldo yang menguasai bola dari jarak yang begitu jauh melepaskan tembakan geledek akurat. Bola menggetarkan jala gawang tuan rumah tanpa bisa dijangkau Helton.

Tertinggal, Porto keluar menyerang. Di pertengahan 45 menit pertama Porto mulai mengambil alih serangan. Menit ke-20 tendangan bebas Bruno Alves masih di luar sasaran. Lima menit kemudian antisipasi Van der Sar menggagalkan tendangan akrobatik Lisandro. Sayang jenderal lapangan tengah sekaligus kapten tim mereka, Lucho Gonzalez mengalami cedera sehingga harus diganti Mariano Gonzalez. Fernando yang bermain gemilang di leg pertama tidak banyak berkutik.

Sedangkan MU mulai kembali ke ritme terbaik menjelang turun minum. Dua peluang dipetik tim tamu. Pertama sepakan voli Ryan Giggs memanfaatkan umpan silang Berbatov. Sayang arah bola pas kepada Helton. Sedangkan peluang emas di penghujung babak pertama gagl dimanfaatkan Vidic karena cocorannya berada di atas gawang.

Di menit pertama babak kedua giliran sepakan Berbatov yang dimentahkan Helton. Di saat guyuran hujan turun, tempo permainan meningkat. Menit ke-58 tendangan bebas Porto dari jarak yang menjanjikan tidak juga menghasilkan gol. Tembakan Hulk bisa dibaca Van der Sar. Serbuan giat dibangun Dragons namun pertahanan MU tampil tanpa kompromi.

Peluang terbaik tuan rumah baru dimiliki di menit ke-85. Lisandro yang menerima umpan tarik Mariano Gonzalez di sayap kanan tidak mampu diselesaikan sempurna. Sepakannya lemah dan tepat mengarah ke kiper gaek asal Belanda. Sedangkan beberapa detik sebelum wasit Massimo Busacca meniup peluit panjang, Ronaldo membuat Helton lintang pukang.

Susunan pemain:

FC Porto: Helton; Sapunaru (Costa 80), Rolando, Bruno Alves, Cissokho; Lucho Gonzalez (Mariano Gonzalez 31), Fernando, Raul Meireles; Lisandro, Rodriguez (Farias 64), Hulk.

Man Utd: Van der Sar; OShea, Ferdinand, Vidic (kk), Evra (kk); Giggs, Carrick, Anderson (Scholes 78); Rooney, Berbatov (Nani 68), Ronaldo.

Wasit: Massimo Busacca (Swiss).

sumber: liputan6.com

One response to “Gol Spektakuler, Bawa MU lolos ke Semifinal Liga Champion

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s